Tips Pintar Menawar di Showroom Jual Beli Mobil Bekas Agar Mendapatkan Harga yang Terjangkau

Mencari mobil bekas, tentu Anda akan langsung menuju ke showroom jual beli mobil bekas  di kota Anda. Di showroom ada banyak mobil yang dipamerkan dimana salah satunya bisa jadi merupakan mobil yang Anda inginkan. Tak ada di satu showroom, Anda bisa beralih ke showroom lainnya karena dalam satu kota besar bisa terdapat banyak showroom mobil bekas dengan berbagai koleksinya. Namun tak seperti membeli mobil baru yang sudah memiliki harga tepat, di showroom mobil bekas, Anda masih bisa menawar harga mobil bekas tersebut agar mendapatkan keringanan.

Meski tak semua showroom memiliki fasilitas tawar menawar, namun sebagian besar showroom mobil bekas bisa dikurangi harganya jika Anda bisa mahir melakukan tawar menawar. Jika Anda ingin membeli mobil bekas di showroom, sebelum pergi kesana, kuasai terlebih dahulu tips menawar berikut ini yang bisa membantu untuk menentukan harga yang lebih sesuai dengan kemampuan Anda:

1. Harga pasaran.

Sebelum pergi ke showroom, pastikan Anda sudah memiliki gambaran dan mengingat harga pasaran setidaknya untuk merek dan seri mobil yang diinginkan. Dengan begitu Anda nanti akan mudah melakukan tawar menawar. Perlu diketahui bahwa meski satu merek dan seri, namun jika tahun pembuatannya berbeda bisa juga memiliki perbedaan harga yang signifikan. Anda bisa mencari tipe mobil yang memiliki harga pasaran sesuai dengan budget Anda dengan memilih tahun pembuatannya.

2. Mengetahui kondisi mesin.

Untuk bisa menawar harga, Anda harus memiliki pengetahuan mengenai mesin mobil. Jika tidak, maka sebaiknya mengajak teman atau kerabat yang memiliki kemampuan tersebut. Dengan mengetahui kondisi mesin, Anda bisa melakukan penawaran sesuai dengan kondisi mesin mobil yang diinginkan. Jika ada yang salah dengan mesin mobil, bahkan sebaiknya Anda tidak melakukan penawaran karena terlalu riskan jika kerusakan mesin cukup parah.

3. Body mobil.

Meski bukan faktor utama, namun body mobil yang sudah berkarat, lecet atau bahkan peyok bisa mempengaruhi harga jual mobil second. Di showroom jual beli mobil bekas, biasanya hal tersebut sudah diperbaiki sebelumnya sehingga Anda tak akan banyak melihat mobil dengan cacat di bagian body. Akan tetapi, bagi yang jeli, akan memeriksa juga bagian kap mobil, di bawah karpet dan bagian bagasi untuk melihat area mana yang sudah pernah dilakukan perbaikan yang berarti body sudah pernah rusak sebelumnya. Anda bisa menawar pengurangan harga jika mengetahui trik ini.

4. Surat-surat.

Pajak kendaraan yang masih panjang, begitu juga dengan batas pergantian STNK akan membuat mobil memiliki harga yang maksimal. Begitu juga dengan nama di atas BPKB yang akan memudahkan Anda untuk mengurus balik nama atau mutasi. Semakin lengkap surat-surat akan semakin baik. Namun jika mobil memiliki pajak yang terlambat atau pajak yang hampir habis, Anda bisa menawar dengan mengurangi biaya pajak dari harga jual.

Dari tips di atas, jika Anda bisa menguasainya sebelum datang ke showroom jual beli mobil bekas, besar kemungkinan Anda bisa mendapatkan potongan harga. Harga mobil bekas yang tidak memiliki standar lebih mudah ditawar dan diturunkan sesuai dengan kesepakatan apalagi bagi calon pembeli yang bisa melihat detail dari kondisi mobil tersebut. selain melakukan penawaran di showroom, Anda juga bisa melakukan trik di atas untuk membeli secara langsung dari pemilik pertama yang umumnya sudah menetapkan harga jual lebih murah dibandingkan mobil bekas yang dijual di showroom mobil second.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *