Jangan Khawatir! Ini Dia Tips Aman Solo Traveling untuk Muslimah

Solo travelling seringkali menjadi momok tersendiri bagi para traveler. Namun terkadang, Anda membutuhkan jeda waktu sendiri untuk menikmati suasana dan waktu tanpa harus ribet dengan koordinasi dan diskusi kelompok selama di perjalanan. Nah, berikut ini beberapa tips aman solo traveling untuk muslimah yang bisa Anda coba. 
tips solo traveling untuk muslimah
havehalalwilltravel.com

Susun Jadwal dan Survei Destinasi Sedini Mungkin 

Saat ber-solo traveling, ada baiknya Anda telah menyusun jadwal dan itenarary tempat-tempat wisata dengan baik. Jangan sampai Anda tidak memiliki rencana saat sudah tiba di tempat tujuan apalagi jika Anda memilih bepergian ke luar negeri. 
Ada tiga hal yang bisa Anda jadikan panduan saat menyusun jadwal selama berlibur. What to see, untuk menentukan spot wisata mana saja yang akan dikunjungi. What to do, yang akan membantu Anda menentukan tempat penginapan dan biaya lainnya selama berwisata. What to buy, perlu atau tidaknya berbelanja selama liburan. 
Survei yang matang akan membuat Anda lebih percaya diri dan tidak kikuk atau tampak bingung saat sampai ke tempat tujuan sehingga menghindarkan Anda dari kasus kejahatan. Hindari bersikap impulsif agar Anda tidak berada di situasi yang membahayakan. 

Selalu Kabari Orang Terkasih Saat Ingin Berpindah Tempat 

Salah satu tips aman yang bisa Ada coba adalah selalu mengabari orangtua atau sahabat ke mana pun Anda pergi selama traveling sendirian. Bila perlu, catat nomor polisi taksi atau mobil sewaan yang Anda naiki dan selalu beritahukan di mana posisi Anda saat ini. Hal ini akan membantu Anda saat berada di situasi yang tidak diinginkan. 
Selain itu, tetap jaga smartphone dalam kondisi baterai penuh karena mungkin hanya itulah satu-satunya media yang dapat membantu Anda selama traveling. Jangan lupa untuk mengunduh peta setempat dan hindari membawa peta berukuran besar yang mencolok dan bisa menjadikan Anda sasaran empuk kejahatan. 

Pilih Penginapan yang Tak Jauh dari Pusat Kota 

Saat ber-traveling sendirian, ada baiknya Anda memilih tempat penginapan yang dekat dengan keramaian atau berada di pusat kota. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti berbelanja ke supermarket, makan di restoran atau sekadar mengambil uang di ATM terdekat. 
Lebih baik lagi jika Anda bisa mendapatkan penginapan di sekitaran masjid jika berada di negara minoritas muslim, karena biasanya ada banyak restoran halal khas India atau Arab yang terletak di dekat masjid. Penginapan seperti ini juga cenderung lebih aman bagi Anda yang traveling sendirian. 

Jangan Beritahu Orang Lain Jika Anda Pergi Sendirian 

Meski berada di negara yang memiliki persentase kecil dalam kejahatan, Anda harus tetap waspada. Misalnya saja tidak memberitahu orang lain jika Anda bepergian sendiri. Biasanya ada saja beberapa orang yang bertanya paada Anda, apalagi dengan hijab dan pakaian tertutup yang tampak sedikit mencolok. 
Salah satu tips aman solo traveling untuk muslimah, ada baiknya Anda membawa pepper spray atau pisau lipat sebagai alat pelindung keselamatan. Lebih baik lagi Anda meminta kontak pihak hotel atau bahkan kontak satuan keamanan lokal yang bisa dihubungi saat berada dalam kondisi darurat. 
Hal yang paling penting dan tidak boleh Anda lewatkan, berdoa kepada Allah selama di perjalanan. Suatu hadits mengatakan jika doa-doa orang selama musafir akan dikabulkan oleh Allah swt. Mintalah keselamatan dan perlindungan dari-Nya selama masa traveling Anda. 
Itulah beberapa tipa yang bisa Anda terapkan jika ingin melakukan solo traveling untuk muslimah. Anda harus menyiapkan mental dan kondisi finansial dari jauh-jauh hari jika ingin memutuskan untuk solo traveling. Persiapkan perjalanan sematang mungkin agar Anda tidak bingung saat sampai ke tempat tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *